Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=XENMOfD-mLs

Bicara mengenai Revolusi Industri 4.0, sebagian besar dari kamu pasti sudah pernah belajar tentang Revolusi Industri, biasanya dipelajaran sejarah sering banget membahas tentang Revolusi Industri 4.0. Nah kita akan membahas tentang Revolusi Industri 4.0, konsep ” industri 4.0″ pertama kali digunakan di publik dalam pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman di tahun 2011. Jadi Revolusi Industri 4.0 itu juga pasti menggunakan komputer dan robot sebagai dasarnya, dan semua itu jadi kemajuan apa saja yang muncul di dunia komputer kita semua.

Pembangunan sumber daya manusia diperlukan untuk mengahadapi bonus demografi. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, bonus demografi akan menjadi ancaman di masa depan. Menurut Eka, yang di notabene Pakar Manajemen SDM ini, tantangan Revolusi Industri 4.0 ini harus direspon dengan masif. Dan dia mengatakan, perusahaan – perusahaan saat ini membutuhkan skill baru dari karyawannya seiring berkembangnya teknologi pada saat ini. 

Ada juga tantangan di dalam generasi milenial pentingnya Revolusi Industri 4.0 ini dimana kita semua beradaptasi dan dapat menggunakan teknologi digital dengan tepat, dan juga tantangan bagi milenial untuk menjadi kompetitif, kreatif dan kritis dalam melaksakan Revolusi Industri 4.0.

Di era Revolusi Industri 4.0 ini juga akan terus menghadirkan banyak perubahan yang tidak bisa dibendung. Karena, ada urgensi jika negara perlu berupaya maksimal dan lebih gencar memberi pemahaman kepada semua elemen masyarakat tentang pentingnya Revolusi Industri 4.0 dengan segala konsekuensi logisnya. 

Maka negara pun harus mengabil inisiatif untuk mendorong semua elemen masyarakat lebih peduli dengan era Revolusi Industri 4.0 dengan memberi pemahaman kepada masyarakat untuk lebih mendalam lagi terhadap Revolusi Industri dan bersiap mengahdapi sekaligus merespon perubahan – perubahan yang dimaksdu itu.

Selaku mahasiswa untuk itu harus diperhatikan bahwa memasuki era Revolusi Industri 4.0 ini tidak cukup bermodalkan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tinggi tetapi mahasiswa harus bagus kecerdasan emosionalnya dan menjadi hal yang tidak kalah pening untuk menyongsong zaman serba cepat dan digital seperti ini.

Dalam jumlah penduduk yang banyak, ditunjang dengan perkembangan infrastruktur dan sumber daya manusia bisa jadi modal penting untuk melaksanakan Revolusi Industri 4.0 “Empowering Human Talent” adalah kunci kamajuan Indonesia. Setelah itu kita semua akan melanjtkan pada pengembangan sumber manusia dan perlu menguasai bahasa – bahasa teknologi baru. Oleh karena itu, selain mempertahankan eksistensi usaha, pelaku bisnis juga diimbau agar memberikan dukungan pelatihan kepada masyarakat sehingga anak bangsa akan terus berkembang mengikuti perkembangan digital di zaman mienial.

Revolusi Industri 4.0 ini aka menjadi ruang dan area bermain utama bagi para generasi melenial dalam upaya pembangunan bangsa di masa mendatang demi meraih visi Indonesia Emas pada tahun 2045. Dan pada era sekarang ini jumlah pengguna internet di Indonesia yang telah melampaui 140 juta penduduk merupakan peluang tumbuhnya dasar startup di Indonesia.

Kita sebagai warga Indonesia saangat penting mengetahui perubahan ini karena sebagai salah satu SDM Indonesia, generasi milenial pun tidak luput dari perubahan yang dibawa Revolusi Industri 4.0. Dan generasi yang lahir pada medio 1980 — 1999 ini harus bersiap dengan kondisi tersebut karena masa depan industri dan manufaktur Indonesia berada di tangan mereka.

Harapannya kita sebagai masyarakat Indonesia tingkatkan lagi dan cari inovasi yang saat ini menjadi perubahan teknologi di Indonesia, dan sekarang tingkat inovasi Indonesia saat ini berada pada diperingkat 87 dunia dan bisa terus meningkat sehingga ;ebih kompetitif di era transisi teknologi pada saat ini. Jadi dari semua yang da bahas Pentingnya Revolusi Industri 4.0 di Era Milenial bukanlah suatu kejadian yang menakutkan, justru peluang semakin luas terbuka bagi kita semua selaku anka bangsa rakyat Indonesia untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

REFERENSI

Faizal, M. (2018). Pentingnya Generasi Milenial bagi Revolusi Industri 4.0. okezone.com, -.

Pradewo, B. (2019). Era Revolusi Industri 4.0, Peranan Kaum Milenial Makin Penting. JawaPos.com, -.

Rizkinaswara, L. (2019). Revolusi Industri 4.0 Jadi ruang Bermain Generasi Milenial. apatika.kominfo.go.id, -.

Sabandar, S. (2019). 4 Hal yang Harus Dimiliki Mahasiswa Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. LIPUTAN 6, -.

Soesatyo, B. (2018). Generasi Milenial dan Era Industri 4.0. detiknews, -.

Sumber Artikel : https://www.kompasiana.com/rizkyfahmi0751/5ceacb1daa3ccd57e224ec65/pentingnya-revolusi-industri-4-0-di-era-milenial?page=all